Sabtu, 05 Oktober 2013

Purwokerto, kota satria

Ga ada yang istimewa dari Purwokerto. Paling hanya sebagai lokasi patokan ketika mudik ke Banjarnegara seberapa lama lagi tiba dirumah seperti halnya cicalengka, atau dulu ketia masih jadi radio holic pas masih tinggal di Banjarnegara stasion radio favorit itu berasal dari Purwokerto. Masih hafal loh sampe sekarang juga, ada Metro FM, Paduka, Yasika, Satria itu beberapa saluran langganan ii.
 
Pas masih menjadi aktivis dulu, pernah modal nekat banget ke purwokerto buat ngasihin proposal ke sebuah universitas swasta tanpa ada modal pengalaman kesana. Tujuan kami berdua ke daerah Dr. Angka. Sampai disana ga terkesan banget. Semrawut banget jalannya. Super panas dan gerah  gakan betah pastinya. Belum setengah hari dsana udah betah. Ga tau apa yang bikin betah dsana. Suasananya kerasa banget jawanya, tapi berbeda dengan jogja tentunya.
 
Purwokerto itu ibu kota Kab Banyumas. Di jawa tengah sendiri banyumas memiliki ciri budaya khas yang gak kalah unik. Rumpun banyumasan itu ada Cilacap, Banyumas dan Purwokerto itu sendiri, Purbalingga dan terahir paling timur ada Banjarnegara. Bahasa yang digunakan terkenal dengan bahasa ngapak. Kata orang bahasa ngapak itu kasar. Kalo kata ii bukan kasar sih, tapi lebih pada nada bicaranya yang keras. Jawa Banyumasan juga punya ungah ungguh basa. Jadi gada alasan bahasa ngapak itu bahasa kasar. Justru itu keren, karena susah dipelajarinya. Dan salah satu khasanah budaya Indonesia.
Selain punya bahasa yang khas, Banyumasan juga punya rumah joglo yang punya nilai filosofis yang luhur dan masih banyak digunakan model rumah warga oleh masyarakatnya. Ada juga batik, banyumas punya motif batik sendiri. Banjarnegara juga punya motif batik khas, namanya batik gumelem. Kalo lewat jalanan ini pas pagi pagi atau sore hari, pasti banyak orang orang yang pake sepeda jadul. Anak anak pergi ke sekolah pada naik sepeda smpai yang udah nnek nenek juga masih bersepeda.
 
Ya Allah.. Kangen suasana itu...
 
Setelah jadi siswi ahir Aliyah, Purwokerto ga menjadi kota tujuan untuk ii melanjutkan sekolah, ii masih fokus dengan jogja dan semarang.
Sejak dulu pun sebenernya seneng kalo ngelewatin jalanan Purwokerto. Ada sesuatu yang unik. Ketika awal masuk Kab Banyumas jalanan favorit ii adalah sepanjang jalan wangon. The best road kalo kata ii. Adhem banget diliatnya, pemandangan serayu yang tenang menuju hilir membentang di kiri jalan arah dari barat. Kaya lagi bukan jalan di jalanan pulau jawa.
 
Masuk kota purwokerto, sepanjang jalanan tadi lepas wangon-Jati lawang sampai masuk purwokerto kota yang ii cari itu plang berwarna biru entah itu PCM PRM sampai PDM, deket2 jalan satria gt. Imajinasi kembali bermain sambil bernostalgia, mencoba mengaitkan sebuah keadaan. Ahahhaa indah. Oya dulu udah pernah juga ke purwokerto buat sekedar seleksi ikut TM3 yang ga jadi. Sampai sampai harus sampai banjarnegara lewat maghrib dan hujan gede. Ah.. Dasar aktivis...
 
Lanjut. Unik aja intinya, dari masuk kab Banyumas Purwokerto Purbalingga Bukateja Klampok Mandiraja sampai masuk Banjarnegara.
Ii nyebutnya Itu jawa bagian barat, bukan jawa barat loh yaa beda lagi.
Rumah joglo berpasir sama sepeda onthel jadul yang jadi ciri khasnya. Banyak banget yang serupa disepanjang jalanan ini. Menggambarkan budaya banyumasan.
Ihh kangen banget lah jalanan itu. Terlebih mulai masuk daerah klampok dan Mandiraja. Tanpa harus ditulis dalam sebuah gambar ii langsung bisa nebak itu adalah jalanan daerah klampok atau mandiraja sekitarnya (jika disodorkan sebuah foto).
Khas banget, sampai perbatasan Banjar Gombong, disebelah selatan.
 
Jalanan yang super lurus dan mulus dengan kanan dan kiri pesawahan datar yang subhanallah, kalo lagi lewat jalanan ini rasanya enggan banget berkedip. Pengen mengabadikan lukisan Allah yang indah banget ini. Sumpah kereeeen.
Terlebih sama logat bicaranya. Uwooow, keren lah langsung bisa banget ditebak kalo itu orang Klampok atau mandir. Buket banget ngapaknya.
 
Selama Aliyah, dari kelas satu sampe kelas 3 dicekokin banget sama orang daerah itu. Si ninu sama ayu yang ngapaknya itu loh super leket plus imbuhan koh dibelakangnya. Ihh susah ngikutinnya pas awal. Tapi kalo udah bisa rasanya bangga banget sumpah.
Ujungnya ketika dulu sering nginep di Mertasari. Beuh itu mah udah jadi kaya orang sana aja. Pergi sekolah dari sana naik bis pagi pagi, sampe warga daerah sana juga tiap kali ii datang kesana nyapanya udah kaya warga pribumi saja. Dari patung ikan sampai mertasari itu lumayan jauh, tapi ii lebih milih jalan kaki ketimbang harus naik ojeg. Indah banget kanan kiri pesawahan dengan jalanan mulus kaya di jalan tol.
Coba aja bisa mengulang waktu kaya dulu lagi.
Masha Allah... Kayanya pengen ambil  semangat dari sana buat ii bekel ke bandung.
Allah... Kangen jalanan itu