Kamis, 03 Oktober 2013

Cara ibu mencintai anaknya

Kayanya dalam keluarga ii tidak terbiasa untuk mengungkapkan cinta pada keluarga dengan kata i love, saya sayang... Setiap saat
Tapi  lebih pada tindakan kongkrit yang bisa terlihat saat itu juga oleh mata.
Cium dahi sebelum tidur, apapun itu yang jelas bukan sekedar basa basi kata. Itu tradisi sederhana dalam keluarga kami yang di dalam keluarga besar sangat terkenal gaya cuek dan slengean. Sederhana tapi sangat berarti. Itu bagi ii pribadi.
Ii terlahir sebagai sulung perempuan dan punya bungsu cowo. Tapi di dalam keluarga kecil ii, justru ii yang menjadi bungsu. Ii hampir punya 6 kakak cowo yang tercantum di kartu keluarga. 2 kakak anak ua dari pihak mamah (Banjarnegara) dan 4 kakak cowo anak ua dari pihak Bapa (Subang), belom lagi yang lain lainnya lagi. Sejarahnya mereka ketika pertama merantau ke Bandung dan kuliah di Bandung stay di rumah ii makanya mereka masuk dalam kartu keluarga ii. Kesemua dari mereka sudah menikah dan punya anak. Dulu ketika mereka menikah pun yang menjadi rumah pergi dari pengantin pria ya dari rumah ii juga. Jadi meskipun mamah ii baru punya anak gadis yang belom lulus juga kuliahnya tapi dirumahnya itu beliau sudah 7 kali mengadakan hajatan besar. 6 kali nikahin ponakan2nya dan satu kali nyunatan adek ii. Kata mamah, puncak dari hajatatan yang pernah mamah adain yang teristimewa pengen nikahin eneng (ii) dengan mamah yang jadi WO nya. Dan akan mamah jadiin yang paling spesial dan indah. Ya Allah.. Mamah makasih.. Sweet banget asli *peluk cium untuk mamah*
Setiap abis maghrib di keluarga ii ada kebiasaan nunggu tukang mih ayam. Biasanya cuma bertiga mamah bapa sama ari karena biasanya jam jam itu ii belom sampai rumah masih di tempat aktivitas atau masih dijalan. Kali ini ritual nunggu mih ayamnya juga bertiga tapi ga sama adek. Ii mamah sama bapa. Kali ini adek yang ga ada dirumah. Sejak masuk SMA adek lebih sering diluar. Pergi pagi pulang abis isya. Dia lagi seneng senengnya organisasi sama sosialisasi. Terlebih masuk tim inti futsal di sekolahnya.
Kembali lagi ke tukang mih ayam. Sejak abis dzuhur ii dirumah sendirian. Hari ini gada aktivitas yg gmn banget cuma nganterin istri pa yurisman ke Rs Cicendo aja selebihnya dirumah. Mamah sama bapa pulang kerja labgsung pulang ke rumah Ciheulang ga pulang ke rumah dulu. Baru abis maghrib sampe rumahnya. Abis beres sholat sama mandi, dateng A ogi kerumah. A Ogi itu anaknya mamah Yayah. Mamah yayah dulu ngasuh ari pas kecil. Jadi sama juga udah kaya kaka sendiri. Ngobrol ksna kesini ngaler ngidul. Ujung ujungnya ngobrolin masalah kuliah dan masa depan ii.
Ngobrolin ii yang telat wisuda, ngobrolin spp PPG, penerimaan cpns, kabogoh yang tak kunjung datang dan bla bla bla...
Ii ga mengutarakan keinginan keinginan ii di bidang itu. Mungkin pasion ii bukan disitu di hal yang lain. Ii hanya sekedar share aja tentang informasi informasi seputar itu yang ii dapet dari orang orang sekitar ii.
Ngobrolin PPG ahirnya nyambung juga ke program SM3T.
Mamah, temen ii juga loh yang dapet beasiswa ppg. Kuliahnya di UNNES. Dulu setelah lulus langsung ditempatin di Aceh. Sekarang yang satu jurusan jg ada. Satu ditempatin di kupang satunya lagi ga tau dimana. Terus temen Aliyah ii juga ada, dia kuliah di PGSD UMP sekarang ditempatin di prov baru kalimantan utara. Belom sempet ii nerusin kalimat itu mamah labgsung motong, uang itu bisa dicari disini kalo kita niat. Ekspresi wajahnya mulai berubah.
Bapa dengan wolesnya nambahin, "nya pek bae bisi hayang ngasaan merantau mah..." Tadinya ii mau nambahin juga ditawarin buat ngajar di Jambi dan ii udah kegirangan mau banget. Tapi urung pas mamah udah langsung aja nambahin kata kata bapa " emangna boga anak 5 kitu sangeunahna wae hayang merantau sagala"
Mata mamah udah berkaca kaca. Jujur ii nyesel banget ngomongin masalah ini. A ogi juga langsung ikut diem. Semua juga diem. "mamah te teu hayang boga budak pajauh. Hyong ngariung kabeh di dieu makan teu makan. Komo ngan boga awewe samata wayang kieu. Mun boga budak 10 mah pek bae rek merantau mah. Tapi da teu bisa boga anak 10 teh"
Gustiiii... Sumpah nyesel pisan udah ngomongin masalah kaya ginian.
Ii coba memecah diam dengan ngomong " nyantai aja mah, ii juga kan belum lulus kuliahnya juga. Itu cuma wacana aja. Sekarang mah doain aja ii semoga diberikan kemudahan dalam nyusun tugas ahir ii. Doa mamah itu doa paling seukeut di dunia"
Semua masih diam. Mamah pura pura ambil minum ke belakang dan pergi beberes dagangan di warung

Itu mamah ii yang sekarang. Jika ii boleh menilai semakin usianya sepuh semakin saja beliau rapuh. Semakin merasa tidak mau jauh dg anak anaknya. Dulu pas adek mau nyantri ke Garut juga sampai dia yang kekeuh memperjuangkan biar adek tetep di Bandung. Kadang yang paling ekstrem itu ketika ii ada kegiatan bberapa hari di luar kota. Mamah sambil masukin bekel bekel ii sambil baeud. Terus pas ii pamitan mamah pasti nangis. Padahal itu kegiatan organisasi yg beberapa hari aja. Pernah juga pas mau KKN di cicalengka, nangisnya bener bner kaya yang ii mau merantau saja. Lebih lebih bawa tas gede juga. Wah heboh banget itu mmah nangisnya.
Sebnernya wajar juga sih, dulu kita terpisah selama 17 tahun men. Ii sekolah di banjarnegara dan mmah stay di bandung. Mungkin sih niat awalan hanya sekedar nitipin ii sementara di jawa sampai ii bisa di tinggal mandiri. Maklum pas ii lahir itu ekonomi keluarga belum mapan baru nikah muda ceritanya, jadi belom bisa sewa baby siter kaya pas jaman adek ii. Tp setelah ii gede dan punya banyak temen di banjar terus tau bagaimana hidup di bandung itu gada temen, ii lebih memilih tinggal sama mbah di banjarnegara sampai lulus sma. Itu nikmat luar biasa ii bisa belajar tentang hidup di tanah banjarnegara.
Kalau harus diceritain kenapa mamah sensi dg kata merantau itu panjang. Padahal bukan prinsip orang jawa yang melarang anak anaknya merantau. Mamah dan bapa ii juga orang rantau. Mamah merantau dari banjar dan menetap di bandung sejak kecil sampe sampe hampir tdk ada yang tau kalo mamah ii itu orang jawa, saking leketnya sunda sama mamah. Bapa ii merantau juga. Dari Sma bapa merantau dari subang ke sumedang buat sekolah disana dan ahirnya merantau kembali ke bandung. Bapa ii hampir kaya ii, jatuh cinta dg tanah dimana kami menuntut ilmu.
Intinya, mamah itu ga mau kehilangan momen aja kalo analisa ii. Mamah pengen mebghabiskan masa sepuhnya dengan anak anaknya yang cuma dikit.
Itulah cinta ibu. Yang lembut dan tidak bisa ditolerir dg apapun. Beda halnya dengan ayah. Yang selalu mengungkapkan cinta dg pembelajaran langsung berupa pengalaman pada anaknya. Setegar apapun seorang ayah tapi hatinya juga lembut. Akan menangis jika melihat anaknya terjatuh, sakit bahkan ketika merasa kegagalan. Akan menangis pula ketika anaknya sukses, berhasil dan menjadi yang terbaik. Namun seorang ayah paling pandai menyembunyikan kelembutan hatinya itu sehingga diluar tampak gagah dan keras.
Berbeda dengan ibu, ibu yang selalu beruraian air mata untuk anaknya.
Yang selalu siap sedia, tidak rela melihat anaknya tersakiti meskipun untuk pembelaharan tidak tega melihat anaknya susah meskipun sedang belajar.
Apapun itu cinta ibu dan ayah lebih dari apapun di dunia ini. Seadil adilnya cinta dan sayang adalah cinta dan sayang yang bersumber dari ibu dan ayah..
20 oktober nanti mamah milad. Semoga ini bukan menjadi milad terburuk mamah karena anak gadis semata wayangnya belum juga bisa di wisuda.
Maap ya mamaaaaah... Hiks *jitak*