Rabu, 12 Oktober 2011

Cerita dari Subuh ke Subuh


Abstrak: ini curahan hati mantan siswa MAN 2 Banjarnegara yang ehm.. pinter, alim, rajin, patuh kepada guru, tidak pernah bolos dan rajin menabung(tapi bohong). Serta aksi bongkar membongkar kedok busuk sebuah kelas Sosial yang selalu jadi inceran guru karena terlalu banyak trouble maker didalamnya (tapi kita lulus semua…). Dan maaf, sedikit menggunjing bapak ibu guru tercinta. Piis, salam OPPOSITE^^

BAB I
SUBUH KU DUA TAHUN YANG LALU

3 tahun sekolah di Aliyah paling favorit Se JATENG rasanya tidak pernah seharipun saya meninggalkan predikat murid TELADAN ( mangkat TElat bali *DAN). # Maap. Bersama genk teladan saya di OPPOSITE ( XII IPS 3 2009) Ninu ( Gumiwang ), Uswatun ( Sambong), Iis (Badamita) dan Wisnu (Pucung Bedug). Inilah nama-nama yang selalu mewarnai buku siswa telat setiap pagi dan menjadi bintang diantara siswa teladan seantero Aliyah.
Ini kisah saya. Dulu, 2 tahun yang lalu selalu saya anggap remeh waktu subuh. Yang kata orang alim, waktu subuh itu waktu yang sacral, waktu yang mujarab untuk berdoa kepada Allah karena 1000 malaikat mengamini doa. Tapi tidak bagi saya, waktu subuh adalah waktu yang paling mantap buat nonton kartun kesayangan ( Scooby Doo), ataupun High Light Moto GP, wah manteeeep banget cyiiin kalo misalnya harus dibocorkan tentunya setelah solat Subuh dong, sebangor-bangornya saya idup untuk masalah Sholat dan ngaji Alhamdulillah masih No1. # Pamerrr
Yang jadi rumusan masalah, kapan siap-siapnya buat going to school??? Trus PR??? * baca aja belajar, hihihihi
Satu persatu kita bahas disini, pertama untuk masalah PR. PR dikerjakan antara jam 03.30-subuh datang, dulu saya terbiasa bangun jam 02.45 tiap harinya kaya dipesantren, hihihihi. Dengan waktu sesingkat itu, cukup tidak cukup harus cukup untuk mengerjakan PR, terutama PR Geografi yang tiap harinya selalu nongol, kalo subuh keburu dateng dan PR belum beres terpaksa di cut belajarnya dan menjalankan kewajiban dulu sebagai muslim masalah PR ada solusinya dikelas, hehehe. Udah jam 5 pagi aja, pasti langsung stay di depan TV ngapelin Scooby Doo sampe acara kelar ya sekitar jam 6, setelah itu sarapan, mandi dan cabuuut. Pokonya gak rumasa banget kalo rumahnya jauh, mlosoook di kampong. Keluar dari rumah selalu di pas-paskan jam setengan 7 pagi. Dan sampai di pasar wage (tempat berhenti angkot) pasti langsung marathon ke sekolah.
Hadeeeeeeuh, rasanya kaya naik Tornado di Dufan dah itu. Dag,, dig,, dug,, segala ada. Pengennya ya gak mau telat. Dan rasanya bakal plong banget kalo udah bisa ngelewatin gerbang parkiran, asal gerbang parkiran belom di konci aja, pasti masih bisa selamet, masalah masuk kelas itu masih bisa di akalin. Kalo terpaksanya udah ditutup, yam au gak mau harus lewat gerbang utama dan harus mengikuti tes uji kelayakan masuk kelas terutama kalo guru piketnya (maap) Pa Ali, Pa Awal dan Pa Adhi. Beuh, mimpi buruk pokonya.
Pa Ali itu piketnya hari Rabu bareng Bu Fuad ( guru favorit, guru paling sabar) ma Bu Diah ( guru yang pertama yang bikin saya suka ma puisi). Kalo udah ada pa Ali, pasti udah gak ada ampunan. Hukuman ala Pa Ali: nyabutin rumput, mungutin sampah itu OK lah hukuman yang mendidik. Sekalinya sekolah disitu ii gak telat itu ya gara-gara ancaman Pa Ali pula, “ Gus kalo besok kamu masih telat, hukuman khusus buat kamu restock (bergantung naik-turun dibesi) cukup 10 kali saja”. Haduuu alamaaaak mampus!!!! Saya paling tidak bisa olahraga, jangankan restock ngelempar bola aja ibaratnya kena kaca mulu. Nah pernah beberapa minggu saya sampai sekolah lebih awal, gara-gara ancaman pa ali itu. Cuma seminggu aja sih ngefeknya, selanjutnya lanjuuuut.
Pa Awal, beliau itu piketnya hari Jumat bareng pa Gatot ma siapa lagi satiny lupa. Bagi kami( Ninu, Uus, Iis, Wisnu) paling haram hukumnya kalo telat hari jumat, soalnya hukumannya 1 jam pelajaran gak boleh masuk kelas. Kebayang lah, pelajaran pertama hari jumat itu Matematika. Paliiiiiiiing bego banget saya ma yang namanya matematika sejak SD. Seneng banget sih gak bisa masuk tapi dampaknya absen saya di Bu Lina buanyyyaaaaaak banget yang bolong, lebih-lebih otak saya mlompong banget ma matematika. Selain gak boleh masuk kelas, syarat awalnya harus keliling lapangan 10 kali, huft.. masuk kelas udah banjir ketek deeh.
Hari sabtu itu jadwalnya pa Adhi, kata anak-anak yang lain guru piket paling galak. Tapi saya malah seneng ma guru ini. Hukuman standar masih tetep berlaku sih, tapi yang jadi bonus diberi siraman rohani dulu tiap telat plus razia HP. Ampuuun, kalo udah bicara razia HP. Dulu karena seringnya razia HP disekolah saya harus merelakan Hp cerdik saya dijual dan dituker dengan HP super duper slim Samsung. Ya maklum lah, jaman Aliyah dulu Hp adalah nyawa kedua saya, secara aktivis geto loh. Hehehee. Udah pernah gara-gara terheran dengan Hp super slim saya Uly di bikin nangis sama pa ambar karena ketahuan sedang mengoperasikan Hp di kelas. Sebenernya saya lebih ikhlas lagi kalo tu HP disita dan gak dibalikin, aduh pliiis itu HP baru dan saya sudah tak ada cadangan HP lagi gara-gara dituker ma tu Hp
Subuh yang rumit bukan??? Gara-gara kebiasaan tak bermakna jadi rusak segalanya. Tapi jujur seneng banget waktu itu. Serasa telat itu bukan dihindari, tapi malah disengaja.
Dulu tiap pagi, rasanya seneeeeeeeeng banget kaya nemu berlian kalo lagi dihukum tiba-tiba ada diantara ninu,wisnu, iis ma uus dengan polosnya baru dateng. Ibadah hukuman kami semakin bermakna rasanya, mereka ber4 tak tergantikan oleh berlian saat itu.

BAB II
OPPOSITE

OPPOSITE itu nama kelas kami. Kelas yang PALING diantara kelas-kelas lain.
Paling sering bikin gaduh, warganya paling sering bolos, paling sering masuk BP, paling bisa bikin strategi nyontek masal dikelas kalo ulangan, paling banyak yang pinter-pinter kaya ehm saya dan paling kompak pula.
Setiap harinya selalu ada warga yang teraniaya. Wahyu boneka siksaan Dwi Abadi, Gaber (iis) target utama buat jadi bakal ejekan si Tanto sang kepala Suku yang sampe detik ini belum terdeteksi keberadaannya. Di Opposite gak ada jam kosong yang sepi, pasti ada saja yang berontak membela diri dari penyiksaan. Sebenernya paling kasian kalo ngeliat Era disiksa ma Jenny. Ada gitu yang tega nyiksa makhluk selembut dia. Tapi gak jenny aja sih, hampir semua cowo nyiksa dia. Aduuuh snow white yang malang :’(
Tak tergambarkan kenangan-kenangan saat itu. ada satu cerita nih, yang niatnya mau dipake buat nyante2 malah jadi petaka. Waktu kita main ke Pantai di daerah kebumen. Kita kesana naik mobil bak terbuka punya pak dhe nya ninu. Nah critanya pas dipantai titi keseret ombak karena kakinya kram. Semua berubah suram dan mencekam yang tadinya kita ceria…
Dan dipenghujung sisa usia kami di negri Opposite, ada setitik tinta emas yang bisa kami torehkan dibuku sejarah. Sekitar seminggu sebelum ujian, kita nyadar banget kalo sikap dan sifat kita selama ini bakal menimbulkan murka dari pihak manapun, kita juga takut murka Allah bahkan diturunkan saat itu dengan menggariskan kita tidak lulus ujian nasional. Atas kesadaran masal, kita ngadain belajar bareng dan tahajud bersama. Kita sekelas nginep di rumah ninu. Itu berarti kali ke dua saya nginep dirumah Ninu. Ajaiiib, anak2 oposite mendadak kesurupan kutu buku. Tak satupun yang tak belajar, dan tak sekejap matapun yang tak terjaga di pertiga malam terahir untuk bermunajat. Sampe warga sekitar juga terheran-heran karena masjidnya dipenuhi manusia Oposite.
Ckckckckck, saya bangga nak pada kalian..
BAB III
SUBUH KU, MASA KINI

Kebiasaan menjemput subuh masih berlaku hingga kini. Tapi menjemput subuh kali ini sangan berbeda 100% dengan 2 tahun yang lalu. Ketika dulu saya gunakan buat nonton kartun, subuhku sekarang karena semalaman tidak tidur begadang didepan layar terpa, sekedar OL atau bercinta dengan tugaaaaas L
Yang jadi karma Subuh ku. Jika dulu saya sangat meremehkan waktu subuh dengan memanfaatkannya untuk hal-hal mubah, kini Allah menurunkan ganjarannya. Waktu Subuh saya kini serasa sekejap mata, begitu singkat. Ibaratnya, matahari baru terbit ketika tak sedikit orang yang masih nyeyak dibawah selimutnya saya sudah rapih dan wangi siap pergi ke kampus. Udah nyubuh kaya gitu masih saja telat, telat dan telat. Hanya satu yang masih sama seperti kisah subuhku pada masa lalu dan masa kini, saya masih menjadi juragan telat dikampus. Ouch,,, kalo yang ini usaha sekeras apapun buat tidak telat masuk kelas, pasti ada saja hal aneh dijalan yang imbasnya bikin telat masuk kelas.
Allah, ampun.. gak akan saya sia-siakan waktumu lagi…

BAB IV
PENUTUP

KESIMPULAN
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran”.
Saya malu pada waktu, jika sesenti saja saya dapat memutar roda waktu akan ku perbaiki lorong gelap pada hidupku. Tak akan ku biarkan tetes-tetes ilmu berlalu begitu saja melalui bilangan usiaku, namun akan kubendung hingga mampu menerangi setiap sudut kota. Mereka yang aku sayang, mama-ayah, guru dan maha guruku, kawan-kawan, maafkan khilafku. Yang karena waktu, telah banyak luka sayatan yang saya goreskan padamu.
SARAN
a.       Bagi yang di tag, wajib comment
b.      Yang mau comment, wajib pake bahasa jawa
c.       Bahasa jawanya WAJIB NGAPAK!!!!


DAFTAR PUSTAKA
Note ini dapat dibaca pula di: http//:menelsamenel.blogspot.com