Sabtu, 05 Mei 2012

Rindu ngomong Jawa part 2


Masih betah aja ngulik diary lama yang baru diambil dari Padalarang. Dulu kalau malam-malam gadang gada kerjaan ii suka iseng nulisin kata-kata motivasi yang ii dapet dari ponsel ke diary. Termasuk kata-kata mohon doa restu sebelum UN yang ii send all dari hp. Bukan lebay, tapi asli ini trenyuh banget ngebacanya. Ya Allah, ternyata dulu banyak sekali orang yang care ma ii, tulus sepenuh hati membantu dan mendoakan ii tanpa terkecuali si mas [mmm sebutin ga ea namanya ??] hahaa sudah bukan saatnya lagi memikirkan itu. Selain itu ii dulu kalau smsan ma temen-temen pake bahasa Jawa Halus/Jawa Kromo. Hebat kan? Padahal susah loh belajarnya. Tapi sekarang, jujur udah susah untuk ngomong jawa L
Indah banget itu lah. Gak peduli yang ngebales sms ii itu pake bahasa inggris, Indonesia campur sari atau apapun tapi ii tetep bales pake bahasa jawa halus minimal. Dan kalau dikelas, ii lebih jadi diri sendiri lagi. Karena kebanyakan temen-temen ii berasal dari Banjarnegara bag. Barat dan Selatan jadi mau gak mau logat NGAPAK terjangkit juga ke ii.
Bisa sukses ngomong ngapak itu ya sejak di Aliyah. Awalnya susah, tapi karena kulino jadi ngapak itu sebagai lifestyle yang kalau gak ngapak gak keren.
Sekarang ketika udah di Bandung, gak bisa lagi buat sekedar ngapak seperti dulu atau berbahasa kromo inggil. Benar kata orang, bahasa akan berkembang jika kita menggunakannya dalam sehari-hari.
Sudah susah ngomong jawa apalagi ngapak dengan mamah dirumah. Ngobrol sama budhe di Bandung, mas2 ii, atau yang lainnya kebanyakan jawa mereka sudah campur sari. Lalu ngomong sama siapa lagi???
Ada juga Ami ma Liya yang kadang kita suka becanda pake bahasa jawa ngapak, tapi itu bodor didengernya juga meski terkadang ngobrol sama Ami dengan bahasa ngapak yang apal cangkem itu bisa sedikit mengobati rindu pada tanah jawi.
Yup, perubahan itu dimulai dari diri kita dan saat ini juga. Mulai detik ini ii akan menggunakan bahasa jawa kalo ngobrol. Dan target pertama, MAMAH…
GO.. GO.. SEMANGAT!!!