Minggu, 22 April 2012

PADI---Kasih Tak Sampai

Sebenernya udah puas nonton Kamasean bawain ku merindukanmunya d’Masiv semalem, spontan jadi keinget Nisa, gak tau kenapa. Rencananya pengen langsung tidur karena dirumah sendirian jadi sengaja TV pengen dinyalain sampe pagi, tapi pas ganti program di Bukan 4 Mata ada Mas Towi (tantowi ahmad) ma Liliyana ii milih nonton ini aja dan nunda acara tidur cepetnya. Bukan 4 Mata iklan, balik lagi ke IDOL pas banget si Rio mau nyanyi. Baru music awal aja sih, tapi langsung gak asing ma lagu ini. “kasih tak sampai gitu ya??”
Bener. Rio nyanyiin lagu ini
“indah terasa indah…, bla bla bla…
Tetaplah menjadi bintang di langiiiit…. “
Ya Allah Gusti, jadi keinget ke masa beberapa tahun lalu pas lagu ini baru-baru launching. Kita pada suka banget nyanyiin lagu ini. Kita? maksudnya temen-temen.
Dulu, pas dikampung tiap bulan Ramadhan ba’da Subuh kita suka pada main ke Jembatan Sungai Serayu. Dapat dikatakan itu tempat kongkow anak kampong kita dan juga tempat favorit buat ngabuburit. Gak tau tradisi itu masih ada atau enggak sekarang. Inget banget dulu ii ninggalin tradisi itu sejak ii masuk SMP, ii lebih milih dirumah ehm ikut pengajian di Mushola atau di GOR Desa atau sekedar melanjutkan mimpi lagi.
Jaman ii kecil dulu, gak gahol banget kalo gak kongkow di Jembatan Sungai Serayu abis Subuh. Coepoe banget pokonya. Dan tiap rombongan itu ada pemimpinnya.
Rute main kita biasanya dimulai star dari masjid tempat kita shalat Subuh dan jalan menuju Jembatan lewat jalan raya dan pulangnya kita biasanya suka lewat tanggul-tanggul sungai atau pematang sawah gitu dan finish di Banjarsari.
Ya Allah, indah banget lah itu. Jadi kangeeen
Kita suka ngabring cowok-cewek, kepala sukunya si Mba Yuli yang sekarang lebih seneng ngurus baby nya di rumah, gak tau dia make pelet apa sampe anak-anak pada nurut semua titahnya, bener-bener kaya raja banget. Tapi raja Rimba, hahahaa, piis Mbul.. . Trus ada Nursalim, dari jaman Ibtidaiyah bahkan dari TK sampai ka Tsanawiyah mereka berdua Cs banget dan selalu 1 kelas tak terpisahkan. Yang namanya Nursalim itu jahiiilnya na’udzubillah Gusti gada yang nandingin. Turun ke bawah, ada patih-patihnya. Dari garis Cewek ada Mba Atun, dia 1 tingkat dibawah mba Yuli dan 1 tingkat diatas ii pas di Ibtidaiyah, masih adeknya Nursalim jadi mereka Cuma beda 1 tahun gitu. Tipikal dia itu, pendiem tapi moody. Diantara kita dia satu-satunya yang punya paras oriental. Kembali ke patih, dari pihak cowok ada Alif. Beuh, dia yang paling gembur diantara kita. Kalo inget sinetron Bidadari, dia itu mirip banget Bombom. Hahahaa, sebenernya dia bodor tapi temperamen banget dan super nakal bukan jahil tapi emang bener-bener nakal. Sisanya kita, para prajurit dan kopral yang selalu siap di garda depan. Eits, kita kalian aja kale saya tidak :p.
Ada ii. Kalau mereka berempat pada 1 kelas, ii gada temen 1 kelas tapi ada temen 1 angkatan Galih, Ina, Dian tapi mereka beda sekolah ma ii. Mereka sekolah di SD Negeri sedangkan kita ii ma yang lainnya di Ibtidaiyah, jangan salah loh gini-gini juga dulu ii fasih ngomong pake bahasa arab. Hahahaa. Trus kebawah, ada Tya, Arum,  icha ma ian yang satu kelas plus Kiki. Kebawahnya lagi ada Dika, erwan dan sikembar Lono—Jono, Inung ma Tinung. Sebenernya masih banyak sih, tapi lupa lagi nama-namnya J
Kembali ke Kasih Tak Sampai, biasanya kita suka nyanyiin lagu ini triak-triak kaya orang gila. Ii suka denger lagu ini di radio, tapi ii tau diri dan milih diem karena gak bisa nyanyi. Kegilaan kita gak sebatas waktu subuh aja, tapi disekolah –mayoritas kita 1 sekolah- dan sore harinya ba’da ashar pas pengajian sore-sore. Kita lebih milih main jago-jagoan dimasjid sambil ngabuburit daripada ngaji. Dari rumah kita udah siap bawa sinjang ma sarung masing-masing.
Kita dibagi 2 kelompok, kubu Mba Yuli ma Nursalim. Biasanya masing-masing kubu suka memperebutkan ii, secara yah gueh punyah body imut geto looh..
Tapi gak jarang juga dari sini kita mulai musuh-musuhan karena ada beberapa oknum yang curang, menyelusup ke basecamp lawan dan curi-curi info. Kadang  kita suka tuker-tukeran baju juga loh, buat ngecoh lawan. Kita nebak orang yang ada dibalik kain dengan diraba (harus punya special touch dong, hehehe). Pokonya adu strategi banget disini.
Versi lain untuk melantunkan lagu padi itu, biasanya siang-siang. Kalo siang bolong, ii ma Tinung paling haram buat kluyuran kaya yang lain. Sleeping time, kalo buat kita. jadi gak bisa main kaya yang lain. Bener-bener hidup dalam sangkar emas waktu itu.
Mereka suka pada nongkrong di Gardu Pos RT 4 belakang sekolah kami, di pinggir jalan dengan pedenya pada nyanyi-nyanyi sampe kedengeran ke rumah yang udah kehalangan jalan ma kobon-kobon salak. Bener-bener gilaaa
Meski gila tapi itu nyenengin bro. anak-anak kecil jaman sekarang belum tentu dapat ngerasain kebahagiaan kita saat itu yang memang bener-bener tumbuh sesuai tugas perkembangan kita yang pure gada antek-antek tercemar udara westernisasi kaya anak kecil jaman sekarang. Ya, meskipun tak bisa dipungkiri jaman kita main dulu juga ada beberapa dari kita yang udah berani “main api”. Malah kadang, pulang dari perjalanan ke Serayu ada yang dapet jodoh. Kaya si ketua suku yang langsung kecantol ma Anto anak tetangga desa.
Hahahaa, dasar…

Dapat dibuka juga di http://menelsamenel.blogspot.com