Rabu, 24 April 2013

E K A ...



Ga tau awalnya mau nulis apa dulu. Iseng kaga ada kerjaan. Intinya, sekarang ii lagi baca novel 9 matahari karya Adenita. Tokoh dalam novel ini bernama Matari Anas, mahasiswa yang super banget asal Kota Jakarta yang merantau mencari ilmu kuliah di Bandung.
Kalau Matari dengan bertumpuk kekurangannya kekeuh ingin melanjutkan kuliah hanya bermodal semangat, sedangkan ii yang sudah punya fasilitas untuk menuntut ilmu diperguruan tinggi tapi masih banyak mengeluh ini itu sana sini, dan hingga di ujung semester ups tahun perkuliahan hasil yang didapatkan pun tidak jelas benang merahnya. Datang ke kampus pun hanya seadanya saja, datang telat pulang paling   awal, langsung ngejar Damri atau KRD atau malah sekadar nyangsang di kosan Liya dan Syifa. Absen juga ga full2 amat, harap maklum banyak banjirnya ketimbang surutnya #LOHH , jadi ya harap di maklum juga kalo temen satu angkatan pun tidak hafal semua namanya (hafal nama temen2 satu kelas aja butuh waktu 2 semester, payah). Jadi semisal ditanya, 8 semester kuliah dapet apa? Pinter kaga, bloon masih… hahahaa
Kembali lagi ke Matari, si lakon di 9matahari. Dia itu mandiri banget, bangetnya sampe super sekali lah ga ada tandingannya bahasa lebaynya mah. ada satu cuplikan kalimat dalam novel itu, kurang lebih gini Matari: saya heran kenapa orang lain kagum atau bangga dengan orang yang bisa kuliah sambil kerja. Apa hebatnya?
Ga tau, suka aja ma kalimat itu. Tapi ii biasa aja sih melihat orang yang kuliah sambil bekerja. Emang terkadang terlihat lebih sedikit eksklusif, mandiri atau kratif tapi da biasa aja sih teteup. Mungkin karena ii menjadi pelakunya juga. satu lagi, yang namanya matari itu itungan banget ma urusan finansialnya, mmmh bukan itungan sih tapi lebih pada jeli aja sama keuangannya.
Nah, yang mau ii certain itu tiap kali ii baca novel ini pikiran ii langsung keinget sama Eka, temen kuliah yang sekarang menjadi partner PLP ii. Ga tau sejak kapan ii kenal Eka. Dari semester awal kita belum pernah satu kelas, Cuma tau muka ga tau nama. Ii tau dia ya pas sejak kuliah spesialisasi. Oh, namanya Eka Purnamasari. selanjutnya tiap minggu ii rutin ketemu eka minimal yah 1 kali dalam 1 minggu pas kuliah spes itu. Eka itu tempat ngutang pulsa, dan tempat ngutang pelembab atau sabun pencuci muka, udah.
Satu langkah lebih maju, di semester 7 awal ahir semester 6 kita KKN di Kecamatan yang sama, Cicalengka. Eka di Tanjungwangi dan ii di Dampit, desa kita bertetangga setidaknya selama 40 hari disana Eka yang sering ii kunjungi daripada yang lainnya. Maklum lah karena lagi ‘merantau’ di negeri orang, orang yang ga akrab pun kaya sahabat deket. Kita jadi suka smsan, diskusi matakuliah yang mau dikontrak dan diskusi kegalauan menjelang PLP.
Masuk perkuliahan semester 7, kita kembali biasa saja. Tapi kita menjadi sedikit lebih deket, sebab semester 8 kelak kita akan menjadi partner di PLP.
Witing tresno jalaran soko kulino, bener banget kata-kata itu. Kita sekarang menjadi dekat. Karena setiap hari kita bertemu, setiap pagi saling menyapa, ketika makan sering berdua, sholat pun sama dan galau ngerjain RPP pun bersama. Kita saling koordinsi buat apapun selama PLP, sampai janjian buat nginep pas kegiatan PORTI segala, ya ampuuuuun Eka riweuhnya…
Eka itu alumni SMK 1 jurusan akuntansi, ya kebayang lah ya gimana tipikal eka.. sekilas jadi keinget Desi temen MA dulu. dan setelah kita suka ngobrol panjang ternyata tebakan ii benar, Eka itu kaya Desi (tapi tidak SEITUNGAN Desi :p) . Dia itu super rapih dalam pengadministrasian, trus yang paling waw itu dia super itungan sama keuangannya. Dia sampai punya catetan segala, meskipun itu uang satu perak. Pas awal ngeliatnya itu asa lebay deh sampai segitunya. Tapi pas kesininya, ternyata sulit ngelakuin yang kaya Eka itu.
Ii ma Eka itu jauh berbeda, meskipun kita sama-sama tukang dagang.bedanya stiappemasukan Eka itu jelas sumber dan pengeluarannya sedangkan ii tidak pernah ada perhitungan kea rah itu. Eka itu selalu mencatat atau mengingat pengeluaran meski Cuma 100 perak, sedangkan ii kalau udah dikeluarkan ya udah. Eka itu tiap beli sesuatu lebih melihat pada nilai dan harga sedangkan ii asal suka ya beli…
kata mamah, hal itu turunan dari Bapak. bapak itu marketing yang keren tapi dia seorang menejemen keuangan yang buruk.
Ternyata untuk hal sekecil itu saja sangat susah untuk dilakukan jika tidak ada pembisaan dan niat…
jadi apa hubungannya dengan 9matahari?
hubungannya, matari itu orang yang super irit dan eka orang yang super itungan, jadi diantara keduanya terdapat korelasi hahahaaaa *becanda ka :D